Ads 720 x 90

Bumi Datar

Bumi datar adalah konsep kuno bentuk bumi sebagai bidang atau cakram. Banyak budaya kuno yang berlangganan kosmografi Bumi datar, termasuk Yunani hingga periode klasik, Zaman Perunggu dan Zaman Besi peradaban Timur Dekat sampai periode Helenistik, India sampai periode Gupta (abad awal Masehi), dan Cina sampai abad ke-17.  Gagasan tentang Bumi bulat muncul dalam filsafat Yunani dengan Pythagoras (abad ke-6 SM), meskipun sebagian besar pra-Socrates (abad ke-6 hingga abad ke-5 SM) mempertahankan model Bumi yang datar. Aristoteles memberikan bukti untuk bentuk bulat Bumi pada dasar empiris sekitar 330 SM. Pengetahuan tentang Bumi bulat secara bertahap mulai menyebar di luar dunia Helenistik sejak saat itu. Di era modern, teori Bumi datar pseudoscientific telah dianut oleh masyarakat Bumi datar modern dan, semakin, oleh individu yang tidak terafiliasi menggunakan media sosial.

Bumi Datar
Bumi Datar

Anggota Masyarakat Bumi Datar mengklaim bahwa Bumi itu datar. Berjalan di permukaan Bumi, terlihat dan terasa datar, sehingga mereka menganggap semua bukti yang bertentangan, seperti foto-foto satelit Bumi sebagai bola, untuk dibuat dari "konspirasi Bumi bulat" yang dirancang oleh NASA dan lembaga pemerintah lainnya.  

Keyakinan bahwa Bumi datar telah digambarkan sebagai teori konspirasi akhir. Menurut kepemimpinan Flat Earth Society, jajarannya telah tumbuh sebanyak 200 orang (kebanyakan orang Amerika dan Inggris) per tahun sejak tahun 2009. Dilihat dari upaya-upaya yang dilakukan oleh para pembumih tanah datar telah berinvestasi dalam menyempurnakan teori di situs web mereka, serta setia pertahanan pandangan mereka yang mereka tawarkan dalam wawancara media dan di Twitter, tampaknya orang-orang ini benar-benar percaya bahwa Bumi itu datar.

Menurut Kaum Bumi Datar

Melalui mata datar-earther Pertama, tur singkat tentang pandangan dunia dari sebuah flat-earther: Sementara menulis dari ember bukti konkret bahwa Bumi adalah bulat, mereka siap menerima daftar cucian proposisi bahwa beberapa orang akan menyebut konyol. Teori flat-earther terkemuka menyatakan bahwa Bumi adalah piringan dengan Lingkaran Arktik di tengah dan Antartika, dinding es setinggi 150 kaki, di sekeliling pinggirannya. Karyawan NASA, kata mereka, menjaga dinding es ini untuk mencegah orang memanjat dan jatuh dari cakram. (Sesuai dengan skeptisisme mereka terhadap NASA, ahli teori konspirasi flat-earther yang baru-baru ini, Nathan Thompson baru-baru ini mendekati seorang pria yang dikatakannya adalah karyawan NASA di Starbucks pada pertengahan Mei 2017. Dalam video YouTube pertukaran, Thompson, pendiri Resmi Halaman Bumi dan Globe Diskusi Datar, berteriak bahwa ia memiliki bukti bahwa Bumi itu datar - tampaknya mengatakan astronaut menenggelamkan adalah bukti itu - dan bahwa NASA "berbohong.")

Siklus siang dan malam Bumi dijelaskan dengan menyatakan bahwa matahari dan bulan adalah bola berukuran 32 mil (51 kilometer) yang bergerak dalam lingkaran 3.000 mil (4.828 km) di atas bidang Bumi. (Bintang-bintang, kata mereka, bergerak di dalam pesawat sejauh 3.100 mil). Seperti lampu sorot, bola-bola langit ini menerangi bagian-bagian planet yang berbeda dalam siklus 24 jam. Flat-earthers percaya juga harus ada "antimoon" yang tidak terlihat yang mengaburkan bulan selama gerhana bulan.

Lebih jauh, gravitasi Bumi adalah ilusi, kata mereka. Objek tidak berakselerasi ke bawah; sebaliknya, piringan Bumi berakselerasi ke atas pada 32 kaki per detik kuadrat (9,8 meter per detik kuadrat), didorong oleh kekuatan misterius yang disebut energi gelap. Saat ini, ada ketidaksepakatan di antara para pendatang tentang apakah atau tidak teori relativitas Einstein memungkinkan Bumi untuk mempercepat ke atas tanpa batas tanpa planet yang akhirnya melampaui kecepatan cahaya. (Hukum Einstein tampaknya masih ada dalam versi realitas alternatif ini.)

 Mengenai apa yang ada di bawah cakram Bumi, ini tidak diketahui, tetapi kebanyakan penggembira tanah datar percaya bahwa planet itu tersusun dari "bebatuan". [Agama dan Sains: 6 Visi Inti Bumi]

Kemudian, ada teori konspirasi: Flat-earthers percaya bahwa foto-foto dunia difoto; Perangkat GPS dicurangi untuk membuat pilot pesawat berpikir mereka terbang dalam garis lurus di sekitar bola ketika mereka benar-benar terbang berputar di atas cakram. Motif penyembunyian pemerintah dunia atas bentuk Bumi yang sebenarnya belum dipastikan, tetapi para pembumi yakin itu mungkin finansial. "Singkatnya, secara logis akan jauh lebih murah untuk memalsukan program luar angkasa daripada benar-benar memilikinya, sehingga mereka yang terlibat dalam keuntungan Konspirasi dari pendanaan NASA dan badan antariksa lainnya menerima dari pemerintah," halaman FAQ situs web datar-earther menjelaskan.

Psikologi Teori Konspirasi Bumi Datar

Psikologi teori konspirasi Tidak dapat dibayangkan seperti sistem kepercayaan mereka, itu tidak benar-benar mengejutkan para ahli. Karen Douglas, seorang psikolog di University of Kent di Inggris yang mempelajari psikologi teori konspirasi, mengatakan bahwa keyakinan flat-earthers bersatu dengan orang-orang dari teori konspirasi lain yang dia pelajari. 

"Tampaknya bagi saya bahwa orang-orang ini secara umum percaya bahwa Bumi itu datar. Saya tidak melihat apa pun yang terdengar seolah-olah mereka hanya menempatkan ide itu di luar sana karena alasan lain," kata Douglas kepada Live Science.

 Dia mengatakan semua teori konspirasi berbagi dorong dasar: Mereka menyajikan teori alternatif tentang masalah atau peristiwa penting, dan membangun penjelasan (sering) samar-samar untuk mengapa seseorang menutupi versi "benar" dari peristiwa. "Salah satu poin utama dari banding adalah mereka menjelaskan peristiwa besar tetapi sering kali tanpa merincinya," katanya. "Banyak kekuatan terletak pada kenyataan bahwa mereka tidak jelas." Cara percaya diri di mana teori konspirasi menempel pada kisah mereka mempengaruhi kisah itu dengan daya tarik khusus. 

Lagi pula, bumi datar lebih bersikeras bahwa Bumi datar daripada kebanyakan orang adalah bahwa Bumi bulat (mungkin karena kita semua merasa kita tidak memiliki apa-apa untuk membuktikan). "Jika Anda dihadapkan pada sudut pandang minoritas yang dikemukakan dengan cara yang cerdas, yang tampaknya terinformasi dengan baik, dan ketika para pendukung tidak menyimpang dari pendapat kuat yang mereka miliki, mereka bisa sangat berpengaruh. Kami menyebut itu sebagai pengaruh minoritas. , "Kata Douglas. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan online pada tanggal 5 Maret 2014, dalam American Journal of Political Science, Eric Oliver dan Tom Wood, para ilmuwan politik di Universitas Chicago, menemukan bahwa sekitar setengah orang Amerika mendukung setidaknya satu teori konspirasi, dari gagasan bahwa 9 / 11 adalah pekerjaan orang dalam untuk konspirasi JFK. "Banyak orang yang mau percaya banyak ide yang secara langsung bertentangan dengan narasi budaya yang dominan," kata Oliver kepada Live Science. 

Dia mengatakan keyakinan konspirasi bermula dari kecenderungan manusia untuk melihat kekuatan tak terlihat di tempat kerja, yang dikenal sebagai pemikiran magis. [10 Fenomena Tidak Dapat Dijelaskan] 
Namun, bumi datar tidak sepenuhnya cocok dalam gambaran umum ini. Kebanyakan ahli teori konspirasi mengadopsi banyak teori pinggiran, bahkan yang bertentangan satu sama lain. Sementara itu, hanya hangungan datar adalah bentuk Bumi. "Jika mereka seperti ahli teori konspirasi lainnya, mereka harus menunjukkan kecenderungan ke banyak pemikiran magis, seperti percaya pada UFO, ESP, hantu, Iblis, atau kekuatan lain yang tidak terlihat dan disengaja," tulis Oliver dalam email. "Kedengarannya tidak seperti yang mereka lakukan, yang membuat mereka sangat anomali relatif terhadap kebanyakan orang Amerika yang percaya pada teori konspirasi."

Cukup Sekian untuk artikel kali ini tentang Bumi Datar semoga bisa menambah wawasan anda tentang dunia ini, Terima Kasih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter