Ads 720 x 90

Pengertian Dimmer Switch - Elektronika Sederhana

Pengertian Dimmer Switch : 

Gambar Dimmer Switch
Gambar Dimmer Switch - Via Alibaba


Dimmer Switch adalah perangkat yang terhubung ke lampu dan digunakan untuk menurunkan kecerahan cahaya. Dengan mengubah bentuk gelombang tegangan yang diterapkan pada lampu, yang memungkinkan untuk menurunkan intensitas output cahaya. Meskipun perangkat variabel-tegangan digunakan untuk berbagai keperluan, istilah dimmer umumnya dicadangkan untuk yang dimaksudkan untuk mengontrol output cahaya dari lampu pijar resistif, halogen, dan model terbaru lampu fluorescent kompak (CFL) dan Light Emitting Diode (LED). Peralatan yang lebih khusus diperlukan untuk meredupkan fluoresen, uap merkuri,  dan pencahayaan busur lainnya.

Dimmer memiliki ukuran mulai dari unit kecil, ukuran sakelar lampu domestik hingga unit berdaya tinggi yang digunakan dalam instalasi pencahayaan teater atau arsitektur besar. Dimmer domestik kecil umumnya dikendalikan secara langsung, meskipun sistem kendali jarak jauh (seperti X10) tersedia. Dimmer profesional modern umumnya dikendalikan oleh sistem kontrol digital seperti DMX atau DALI. Dalam sistem yang lebih baru, protokol ini sering digunakan bersama dengan ethernet.

Dalam industri pencahayaan profesional, perubahan intensitas disebut "fade" dan dapat "fade up" atau "fade down". Dimmer dengan kontrol manual langsung memiliki batas kecepatan yang dapat divariasikan tetapi masalah ini sebagian besar telah dihilangkan dengan unit digital modern (meskipun perubahan kecerahan yang sangat cepat mungkin masih dapat dihindari karena alasan lain seperti umur lampu).

Dimmer modern dibangun dari semikonduktor bukan resistor variabel, karena mereka memiliki efisiensi yang lebih tinggi. Sebuah resistor variabel akan menghilangkan daya sebagai panas dan bertindak sebagai pembagi tegangan. Karena semikonduktor atau dimmer solid-state beralih dengan cepat antara keadaan resistansi "on" yang rendah dan resistansi "off" yang resistan tinggi, mereka menghilangkan daya yang sangat kecil dibandingkan dengan beban yang dikendalikan.


 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter