Ads 720 x 90

Nambah, Bos! – Sultan Arab Beli Saham Nintendo Kayak Beli Nasi Warteg

Kalau kamu masih ingat, bulan Mei tahun 2022 kemarin dunia gaming sempat heboh gara-gara ada sultan dari Arab Saudi yang beli saham Nintendo seharga 1 miliar US Dollar atau kalau dirupiahin setara sama sekitar 14,6 triliun rupiah.

Nah, belum lama ini, Sultan Arab yang sama nambah beli saham lagi yang denger-denger sih harganya sampai 43 triliun rupiah! WOW! Duit segitu, kalau dibuat sedekah PS 5, satu kelurahan kebagian kayaknya ya? Wkwkwk.

Sebentar deh, kalo dipikir-pikir, Arab itu mau ngapain ya beli saham Nintendo sampai segitu banyak? Sampai nambah lagi, udah kayak beli nasi di warteg. Kabarnya sih, Arab Saudi lagi mau ngurangin ketergantungan ekonomi mereka sama sektor minyak bumi. Ya, masuk akal sih. Minyak bumi kan makin sedikit, udah gitu ngga bisa diperbarui. Jadi ya lama-lama pasti bakal abis juga.

Sementara game? Jangankan abis, yang ada makin berkembang. Developer game kan pada rajin-rajin tuh bikin update, dan pastinya jumlah pemain game juga makin banyak dari tahun ke tahun. Jadi sektor game dan e-sport ini emang potensial banget sebenernya.

Tapi selain itu, masih ada banyak fakta unik lain yang berkaitan sama Arab Saudi dan dunia game. Penasaran?

Yuk, kita simak faktanya.





Sultan Bukan Sembarang Sultan

Ternyata eh ternyata, sultan yang beli saham Nintendo itu bukan sultan sembarangan. Saham Nintendo dibeli sama sebuah yayasan investasi publik di Arab Saudi yang namanya Public Investment Fund (PIF). Nah, karena ini yayasan publik, artinya yang investasiin duitnya di sini ngga cuma satu orang, tapi banyak banget. Sekarang kebayang, dong? Hehehe

Yup, jadi bisa dibilang yang beli saham Nintendo bukan cuma satu orang sultan, tapi banyak sultan. Simpelnya kayak gini, deh. Sultan-sultan Arab pada ngumpul, nih, terus salah satunya ngomong, “Patungan beli saham Nintendo, yok!” Dijawab sama yang lain, “AYOK!!!”

Btw, ketua dari PIF ini Putra Mahkota Arab Saudi langsung, lho. Alias Mohammed bin Salman.


Putra Mahkota Arab Saudi Hobi Banget Main Game!

Wih? Nyangka ngga sih? Wkwkwk. Iya, Pangeran Mohammed bin Salman emang terkenal hobi banget main game. Game kesukaan Mas Salman adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), salah satunya DOTA 2. Namanya sultan, maininnya ya pasti game mahal juga ya.

Kamu pasti sepakat dong kalo fitur Battle Pass di DOTA 2 emang mahal banget, apalagi buat item-item yang rare atau langka. Saking gilanya main DOTA 2, si pangeran yang satu ini ngga ragu buat ngeluarin duit yang kalo dirupiahin sekitar 1 miliar cuma buat fitur Battle Pass DOTA 2! GOKS!!

Ada cuan, ngga ada lawan. Hasil dari 1 milyar itu, Pangeran Mohammed bin Salman berhasil sampai di Battle Pass level 107.584 pada The International 10. Bahkan, konon, si pangeran ini kalau ditotal-total udah mainin lebih dari 10 ribu pertandingan DOTA 2 selama 9 ribu jam lebih. Sadis!


Arab Saudi Jadi Investor Terbesar Kelima Nintendo

Gara-gara nambah beli sahamnya, yang tadinya saham PIF Arab Saudi di Nintendo Cuma sebesar 5,01%, sekarang naik jadi 6,07%. Ini bukan sembarang itungan sembarangan ya, Sob. Ada laporan resminya yang udah dirilis sama pihak Nintendo.

Kalau diperhatiin, Arab Saudi emang lagi rajin-rajinnya investasi di perusahaan pengembang game dan e-sports dalam 2 tahun terakhir ini. Mungkin karena industri global gaming juga lagi berkembang pesat banget kali, ya? Jadi, ya sama-sama untung lah, sama-sama dapet cuan hihihi.


Arab Saudi Bukan Cuma Investasi Ke Nintendo

Awalnya, di tahun 2021, Pangeran Mohammed bin Salman mulai cari-cari developer game yang bisa diinvestasiin. Setelah nego sama beberapa developer,akhirnya deal sama 3 developer gede, yaitu Take Two yang nge-develop GTA V, EA Sports yang terkenal karena game-game bergenre sport kayak FIFA Mobile, dan Activision Blizzard.

Terus, di tahun 2022, selain investasi ke Nintendo, PIF Arab Saudi juga sudah mengakuisisi 5% saham milik Capcom, dan pengembang game online asal Korea, Nexon. Yang paling gede, Arab Saudi beli 96% saham SNK, studio game yang ngegarap Metal Slug dan King of Fighters. Jangan tanya 96% saham itu kalo dirupiahin jadi berapa yak, wkwkwk. Pokoknya gede banget lah, soalnya sampai bisa bikin Arab Saudi resmi jadi pemilik SNK.


Arab Saudi Berambisi Jadi Pusat Game dan E-Sports Dunia

Sultan emang  beda, ya. Kita mau beli skin harga 50 ribuan aja mikirnya lama banget, wkwkwk. Lah ini Arab Saudi tanpa ragu langsung ngeluarin duit 37,8 miliar US Dollar buat ngewujudin ambisinya jadi pusat game dan e-sports dunia. Itu kalo dirupiahin sekitar 577 triliun rupiah. WOW banget ngga sih?

Putra mahkota Arab Saudi yang doyan main game itu bilang kalau Arab Saudi ditargetin bakal jadi pusat game dan e-sports dunia di 2030. Ngga cuma beli saham developer-developer game yang udah mapan, Arab Saudi juga udah nyiapin 18 miliar US Dollar (rupiahnya itung sendiri aja ya, pokoknya banyak wkwk) buat investasi minoritas, sama bikin kurang lebih 250 perusahaan game baru dan ngebuka sekitar 39 ribu lapangan kerja di sektor game dan e-sport.


Menarik banget nih. Arab Saudi di 2023 kayaknya udah ngga identik lagi sama onta dan gurun pasir, tapi sama industri game dan e-sport yang maju. Hmmm, kira-kira gebrakan apa lagi ya yang udah disiapin Arab Saudi buat dunia game dan e-sport internasional?


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter